Sabtu, 05 Maret 2011

GIVE THANKS

" Mengucap syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristur bagi kamu."  (1 Tesalonika 5:18)

Semua orang paasti punya problem, yang membedakan orang dengan yang lainnya adalah besar kecilnya problem yang mereka hadapi. Seringkali, kita berfikir hanya kita sendiri yang memiliki masalah yang besar sehingga kita mengasihani diri kita sendiri. Kita berharap semua orang juga mengasihani kita karena "besarnya" maslah kita. Kita merasa tidak bersalah ketika menjadi negatif dan menanggapi secara berlebihan pada maslah kita. Kita merasa berhak untuk bersungut-sungut, marah, kecewa, bahkan mungkin memutuskan utunuk bunuh diri. Kita merasa "berhak" bertindak seperti ini karena kita merasa bahwa problem yang kita hadapi adalah problem terberat di dunia.

Kenyataan tidaklah demikian. Setiap orang memiliki masalah. Kita akan menjadi konyol apabila berlaku negatif ketika memiliki maslah. Tuhan mau kita memiliki reaksi positif ketika memiliki berbagai problem kehidupan.

Reaksi yang paling tepat ketika berada di dalam masalah adalah mengucap syukur. Semakin berat maslah yang kita hadapi, kia harus semakin mengucap syukur. Tahukah anda apa reaksi dari seorang Thomas A Edison ketika melihat laboratprium miliknya terbakar? Dia panggil anak-anaknya dan istrinya untk melihat laboratorium yang sedang diamuk oleh si jago merah itu. Daripada menyesali dan meratapi problem yang ia hadapi, Thomas A.Edison bahkan mengucap syukur dan memperkatakan perkataan positif bahwa ia akan membangun laboratorium yang lebih besar daripada yang sedang terbakar itu. Waawww!! Sikap yang positif bukan?

Sikap hati yang selalu mengucap syukur dalam segala hal akan membawa kita kepada penggenapan rencana Tuhan atas hidup kita. Seringkali kita tidak berjalan menuju panggilan Tuhan karena kurangnya kita mengucap syukur kepada Tuhan. Jika ada hal yang menyenangkan hati kita dan kita mengucap syukur, maka hal itu bisa dikatakan mudah dilakukan oleh semua orang. Namun, jika kita bisa mengucap syukur sekalipun ada banyak hal yang di luar kekuatan kita, maka kekuatan Tuhan saja yang memapukan kita untuk bisa mengucap syukur. Untuk bisa mengucap syukur dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan, melainkan kemauan. Pertanyaan saya saat ini, : Maukah anda mengucap syukur dalam segala keadaan?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar